Dari Terstruktur Sampai Php Object Oriented

Catatan ini Menuliskan dasar dari Php Object Oriented, atau bisa di bilang penerapan Object Oriented Programming pada Php. Dahulu saya kurang tertarik dengan yang namanya pemrograman web dengan php bukan karena saya tidak suka atau apa, kebetulan dulu saya belajar java terlebih dahulu karena konsep OOP di java lebih menarik saya waktu itu, sehingga saya lebih sering belajar menggunakan java programming.
Dulu ketika melihat PHP mungkin saya kurang dapet feel atau chemistry nya , saya masih ingat betul temen temen saya “memaksa” saya belajar Php , pada waktu itu temen temen sperjuangan saya banyak yang menggunakan php untuk programming dan mereka cenderung kurang tertarik dengan java karena menurut mereka waktu itu konsep OOP itu seram apa lagi pada waktu kuliah dl yang mengajar OOP dosennya Seram hahah “maaf pak buak maksud saya “.Terlepas dari itu semua tidak bisa di pungkiri PHP adalah raja di raja di web programming “setahu saya” kenapa saya bisa bilang begitu, yah hampir semua aplikasi web basic nya menggunakan PHP tau kenapa ?? karena lisensi yang open source boleh di gunakan di edit sesuka jidat. mungkin karena denger kata gratisan langsung pada makai yah.. hehe ga juga kok.
 PHP adalah bahasa pemrograman yang sangat ringan dan mudah digunakan yah. ini setahu saya.. kalau salah mohon di benerin. di samping banyak juga bahasa lain seperti ASP, dan JSP dan mungkin bahasa alien lain yang belum saya ketahui. pada perkembangannya bahasa pemrograman di tuntun untuk lebih mudah dan lebih ringan, baris code yang panjang dan banyak akan sangat memusingkan bagi para programmer, muncullah konsep OOP dengan pendekatan object.
Jika di pemrograman terstruktur ketika harus membuat methode yang sama kita harus berulang kali mendeklarasikan atau membuat methode yang sama fungsinya padahal kita tadi sudah membuat dan mendeklaraiskan, ini semua karena pemrograman terstruktur dirancan membaca code secara satu arah beda dengan konsep OOP kita cuma membuat satu deklarasi dan bisa digunakan untuk beberapa kali. jujur saya belum pernah belajar php terstruktur dan saya langsung mencoba php object ini karena setahu saya mirip sekali dengan java mungkin yang beda cuma penggunaan syntaxnya.
Tulisan ini bukan di maksudkan untuk menggurui, ini cuma sekedar pandangan saya prespektive saya uneg uneg saya catatan belajar saya tentang php. untuk selanjutnya saya akan coba menulis pengaplikasian php OOP dengan contoh sederhana di tulisan berikutnya.. “woooo Balang watu” hahah gpp lah ini juga sekalian belajar nulis jadi agak malas. hohoho. tulisan selanjutnya akan contoh Object Oriented di PHP.
Kalau tidak berkenan jangan di lempar batu, lempar cendol aja buat bikin es .. siang2 gini panas enaknya minum es cendol.